Rabu, 05 Maret 2014

arti sebuah kedewasaan


“Tua itu pasti, dewasa itu pilihan”

Ungkapan diatas mewakili apa arti dari sebuah kedewasaan,sering kali kedewasan dihubungkan dengan umur semakin tua umur seseorang semakin dewasalah orang, namun angapan itu tak selamanya benar. Belum tentu orang yang telah berumur bisa bersikap dewasa karena dewasa itu sebuah pilihan. Kedewasaan merupakan sebuah pilihan seseorang untuk mengubah hidupnya mulai dari cara berfikir dan sikapnya menjalani hidup ini. Kedewasaan mempunyai peran penting dalam sebuah hubungan terutama dalam percintaan banyak dari para kaum hawa mendambakan sosok cowok yang dewasa memang tak akan semudah membalikan telapak tangan untuk menjadikan kita dewasa apalagi diumurku yang menginjak kepala 2 sungguhlah sulit,namun harus tetap berusaha demi mengejar cinta sejatiku. Ciri-ciri yang membuat seseorang bisa disebut dewasa diantaranya sebagai berikut :



>>Cara berfikir
Bagaimana cara berfikir kita menghadapi hidup ini merupakan hal yang penting untuk menjadikan dewasa. Kita harus berfikir jauh kedepan tentang masa depan janganlah hanya berhenti disini karena sebuah masa lalu yang pahit dan menyakitkan,masa lalu hanyalah sebuah kenangan yang tak bisa diulang ,sesekalilah kita menoleh kebelakang masa lalu kita jangan berkali-kali ”selamat tinggal masa lalu selamat datang masa depan”. Selain itu kita harus berfikir seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat.Akhirat merupakan masa depan kita setelah kontrak kita didunia habis .”kejarlah duniamu seakan kamu hidup untuk selamanya dan kejarlah akhiratmu seakan kamu mati esok”.

>>Memahai arti hidup
Untuk menjadikan kita dewasa hidup ini perlu dipahami dan disikapi.walaupun hidup ini hanyalah panggung sandiwara yang tak selamanya indah dan tak selamanya menyakitkan karena semua telah di atur dan ditakdirkan,kita sebagai manusia hanyalah bisa menjalani,berusaha dan menyerahkan sepenuhnya kepadaNYA.”hidup perlu dipahami bukan untuk disesali”.

>>Tanggung jawab

Sebagai manusia tentunya harus mempunyai tanggung jawab.balajarlah dari hal yang kecil seperti hal tanggung jawab kita sebagai mahasiswa kepada orang tua yang telah percaya dan memberi kita biaya untuk kuliah,amanah itu harus kita laksanakan dengan tanggung jawab seutuhnya sehingga nantinya orang tua akan bangga melihat anaknya berhasil mulailah tanggung jawab pada diri kita sendiri supaya jika kita sudah mempunyai pasangan,kita mampu bertanggung jawab padanya.

>>Menyikapi masalah dengan bijak
Masalah merupakan suatu bagian yang tak terpisahkan dari hidup ini.tak pernah ada kehidupan tanpa masalah.Janganlah kita lari dari masalah karena semakin kita membiarkanya maka semakin berat pula kita menyelesaikan.Setiap persoalan pastikan ada jalan keluarnya untuk itu kita janganlah menyerah,berjuanglah untuk menghadapi walaupun seberat ataupun sepahit apapun persoalan tersebut.sikapilah masalah tersebut dengan hati dan kepala dingin kebijakan kita menyeselaikan sebuah persoalan itu kan membentuk jiwa kita menjadi dewasa.semua persoalan ataupun masalah pasti mempunyai makna dibaliknya yang akan menjadikan kita lebih baik.”tuhan takan pernah memberi cobaan diluar kemampuan kita”.

>>Kejujuran pada diri sendiri

Seringkali orang enggan berfikir bahwa kejujuran jujur itu tidak perlu, jujur hanya akan menjadikan seseorang hancur dalam karir, ataupun percintaan. Orang tidak bisa menguasai diri dikarenakan ia tidak jujur pada dirinya sendiri. Seperti halnya pepatah “mengatakan orang yang tidak bisa mengenal dirinya maka ia tidak akan bisa mengenal tuhannya”. Jujur pada diri sendiri adalah suksesnya seseorang dimasa sekarang ataupun dalam menempuh perjalanan hidup yang tiada henti. Menjadikan diri sendiri sebagai orang lain hanya akan menambah beban penderitaan hidup. Maka jujur dan menjadi diri sendiri adalah karakter dasar untuk mengendalikan emotional dan Spiritual sebagai modal kesuksesan mutlak orang dalam menempuh mahligai kehidupan. Jangan katakan tidak bisa untuk suatu hal yang akan engkau kerjakan, jangan katakan diri kita miskin” karena kita adalah sebaik baik mahluk Allah Ilahi Robbi. Mutlak orang berkarakter yang khas dan kepribadian yang lugas ditentukan pada aspek kejujuran diri.Sehingga akan lahir seorang pemimpin yang menjadi idaman wanita, masyarakat, bangsa dan Negara yang mempunyai dasar etika dan moral yang kuat.”Hidup untuk ditindaklanjuti bukan untuk memnohongi diri sendiri”.

>>Kesabaran
Semakin sabar seseorang menjalaini hidup semakin betambah pula kedewasan orang tersebut.Sabar lahir dari hati yang tulus dan jiwa yang bersih.apabila kita diberi sebuah anugrah berupa cobaan dari tuhan hendaknya bersabar sesungguhnya orang yang sabar itu dapat melewati cobaan dengan mudah.kesabaran kan membentuk sebuah jiwa yang dewasa.

>>Berprilaku adil
Adil inti kecantikan hati, orang dewasa akan terlihat anggun, cakep, ataupun cantik jika disertai dengan kecantikan pribadinya sendiri. Jangan pernah berfikir tampang saja sudah cukup dalam melangkah menuju kedewasaan. Berlakulah adil pada diri sendiri karena keadilan akan menuntun orang untuk bijak dalam memecahakan segala persoalan hidup. “Hidup penuh dengan tantangan, harus dijalani bukan untuk dihindari”.
Semoga coretanku ini bermanfaat bisa menjadikian kita sosok yang mempunyai kedewasan sehingga kita mendapat kebahagian diperjalan panjang hidup ini.Semoga rangkain kataku dapat menjadi motivasiku memiliki jiwa yang dewasa yang tak kembali lagi terhina oleh wanita yang mencari pria dewasa.

2 comments:

maya chan mengatakan...

setuju banget..kedewasaan akan ada tiba masanya..umur tidak bisa menjadi tolak ukur..^^

ArsaD HermawaN mengatakan...

mskh nh dah coment