Senin, 17 Oktober 2011

Secercak Harapanku untuk PLN


Dunia tanpa lagu,dunia tanpa cinta ataupun sayur tanpa garam mungkin bisa diibaratkan begitulah bila kita hidup tanpa listrik. Begitu besar perannya untuk kehidupan ini, listrik sudah menjadi bagian dari nafas kehidupan manusia. Hampir di seluruh lapisan masyarakat tak memungkiri bahwa listrik memegang peranan penting. Tanpa adanya listrik manusia akan mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini disebabkan oleh sifat ketergantungan kita terhadap penggunaan listrik. Tak hanya dalam rumah tangga, namun dalam berbagai sektor seperti perusahaan, rumah sakit, supermarket, sekolah, dan masih banyak yang lainya. Kebutuhan listrikpun terus meningkat seiring dengan perkembangan jaman karena setiap teknologi pasti membutuhkan apa yang dinamakan listrik. Listrik pun harus dikelola sebaik mungkin agar tetap dapat mencukupi kebutuhan pengunanya. Sebuah perusahan besar dan juga hebat miliki negara telah mengelolanya. Ya..PLN namanya sebuah singkatan dari Perusahaan Listrik Negara. PLN merupakan sebuah perusahan milik negara yang betugas untuk mensuplai dan mengelola kebutuhan listrik untuk kehidupan masyarkat. Walaupun akhir-akhir ini banyak pendapat negatif tentang PLN karena sering terjadinya pemandaman listrik bergilir yang menyababkan banyak kerugian pada masyrakat. Namun bagiku itu bukan merupakan kesalahan PLN karena pemadaman begilir itu disebabkan karena kebutuhan listik yang semakin meningkat sementara listrik yang dihasilkan oleh PLN tidak bertambah maka secara otomatis PLN tidak mampu mensuplai listrik dengan maksimal, sehingga terjadilah pemadaman listrik bergilir.


Namun sesulit apapun semua masalah pasti akan mempunyai solusi sebagai penyelesaiannya, masyarakat tradisional mungkin saja dapat mengatasi masalah pemadaman bergilir pada waktu malam hari dapat menggunakan lilin, obor, lampu minyak dan sentir. Untuk industi ataupun perkantoran mereka mengatasinya dengan jetset sebagai penganti listik PLN untuk mengoperasikan mesin dan alat eletronik lainya.
Sebagai masyarakat pun saya mempunyai sebuah angan dan mimpi untuk PLN dalam pengelolan listriknya. Inilah secercak harapan ku untuk PLN :
  • Bila melakukan pemadaman bergilir sebaiknya dilakukan pada siang hari dan juga diharapkan melakukan pemberitahuan terlebih dahulu
  • Diharapakan  PLN dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan maksimal untuk masyarakat Indonesia.
  • PLN memberikan semacam hadiah undian kepada masyarakat yang membayar listrik tepat waktu supaya masyarakat rajin membayar tagihan listrik.
Semoga dengan perkembangan teknologi yang semakin maju ini dapat ditemukan sumber daya lain yang dapat menambah pasokan listik PLN. Sehingga dapat mencukupi kebutuhan listrik negara tercinta ini yang semakin hari makin meningkat.


1 comments:

nabarianfany mengatakan...

poin harapan yang ketiga, saya setuju..kreatif.. ^^
jadi ada reward juga untuk yg bayar tpt waktu..siip!

salam kenal :)